Tentang Anjing Peliharaan

Selamat malam semua, kali ini kita akan coba membahas tentang anjing peliharaan, mohon maaf sebelumnya karena saya sendiri juga tidak terlalu mengerti masalah peliharaan tetapi pernah coba mendalaminya karena kebetulan saya pernah ingin memilikinya.

Anjing peliharaan itu bukan sebuah mainan atau boneka yang hanya karena kita merasa jatuh cinta pada pandangan pertama lalu ingin memeliharanya. Jika ingin memelihara anjing maka harus bersiap menambahkan 1 orang ke dalam daftar keluarga karena pada dasarnya anjing juga sama seperti kita yaitu makhluk hidup, hal yang membedakan hanyalah bentuk dan pikiran. Ketika kalian memutuskan untuk memelihara anjing sudah tahukah komitmen yang harus jalankan?

Kenapa saya mengatakan menambahkan 1 orang, itu adalah karena kita harus menganggap anjing setara dengan manusia yang harus di perhatikan, anjing juga bisa merasa stress, sakit dan menderita atau bahkan sebaliknya. Ketika kita mulai membawa anjing memasuki kediaman atau berinteraksi dengan keluarga maka saat itu pula awal mula perjalanan hidupnya di mulai.

Anjing termasuk makhluk yang pintar jadi tidak seharusnya kita selalu mengurung mereka hanya saja mungkin di karenakan kondisi-kondisi tertentu seperti kita sedang ingin memberikan hukuman atau ketika sedang ada tamu anak-anak kecil yang takut untuk berinteraksi, tetapi sebenarnya anjing cukup di ikat saja. Pada saat mengajarinya usahakan selalu memberikan pujian atau makanan ketika dia sukses melakukan misinya, mungkin itu yang di sebut reward oleh para pelatih anjing.

Walau hanya melalui photo mungkin kita bisa belajar sama-sama tentang kebiasaan komunikasi dan bahasa anjing, menurutku tidak 100% benar karena yang mengerti anjing hanyalah pemilik atau majikannya masing-masing, maksudnya majikan yang penuh kasih sayang, karena setiap jenis anjing memiliki cara interaksi tergantung dari lingkungan dan keturunan rasnya.

Ini adalah penjelasan komitmen yang saya maksudkan, untuk menambahkan 1 anggota keluarga maka teman-teman sudah harus siap dengan tambahan dana mulai dari membeli makanan, shampo, vitamin, vaksin, konsultasi ke dokter. Untuk harga makanannya saya pernah bertanya kepada teman untuk jenis snack best in for golden ret itu Rp. 60.000, makanan kaleng Rp.19.000 - Rp.25.000, shampoo Rp. 90.000, vitamin Rp. 80.000 - Rp. 200.000 (tergantung jenis vitaminnya). Dan bagi yang suka bepergian kadang kita tidak bisa selalu membawa peliharaan kita dan tidak bisa sembarang menitipkannya kepada orang yang tidak berpengalaman dalam merawat anjing oleh karenanya kita harus mengeluarkan biaya penginapan mulai dari Rp.40.000 - Rp.60.0000 (di luar tanggungan makanan atau tergantung penyedia jasa penitipan). Selain dari dana-dana di atas kita juga harus menyiapkan dana darurat apabila anjing peliharaan kita mengalami masalah gangguan kesehatan sampai pada hal terparah seperti terserang tumor pada bagian-bagian tubuh tertentu, mungkin di karenakan dari bakteri yang selalu berkembang biak dari musim ke musim, maka keperdulian dari sang majikan sangat di harapkan oleh sang anjing.

Untuk penutup tulisan saya sangat berharap agar para pecinta binatang/hewan yang ingin memelihara anjing untuk berpikir sebelum melakukannya baik dari meminta atau membeli maupun di kasih, jika rasa tanggung jawab kalian masih kurang lebih baik jangan karena anda tidak mungkin tega ketika anggota keluarga kalian jatuh sakit dan membiarkannya saja.

From: Raras Dewi
Salam
"IK"
With: Group Golden Retriever Indonesia
Sumber Gambar: bellyrubspetcare - vendyxiao - dog feel

0 Response to "Tentang Anjing Peliharaan"

Post a Comment